Apa Itu Plafon ? Simak Disini

Apa Itu Plafon Rumah ?  Arti,Istilah dan Fungsi,

Macam Langit-langit Rumah Atau Plafon – Langit-langit atau plafon yakni permukaan interior atas yang berkaitan dengan komponen atas sebuah ruangan. Lazimnya, langit-langit bukan faktor struktural, tapi permukaan yang menutupi lantai struktur atap di atas. Menurut perkembangan zaman sekarang banyak terdapat tipe plafon di pasaran, yang dapat Anda aplikasi pada rumah atau bangunan lainnya.

Sebelum memilih contoh dan bahan dasar Plafon Rumah yang akan Anda gunakan dalam desain nantinya, ada bagusnya Anda mengenal apa saja tipe-tipe plafon dan mempelajari keunggulan dan kelemahan dari  setiap tipe plafon hal yang demikian.

Contoh Gambar Plafon Rumah


Plafon Rumah Transparan
Plafon Rumah Transparan
1. Plafon Rumah Transparan, dengan lapisan motif dedaunan. Memberikan bayang-bayang dedaunan yang membikin ruangan Anda seakan berada di bawah pohon-pohon. Melainkan, contoh plafon seperti ini sebaiknya cuma diaplikasikan di satu zona saja.










Plafon Gantung Artistik
Plafon Gantung Artistik
2. Plafon Gantung Artistik, dengan memainkan tinggi dekorasi plafon gantung seperti di bawah ini, Anda bisa membikin ruangan menonjol artistik, apalagi jika diperhatikan dari bawah.









Plafon Ruang Tamu
Plafon Ruang Tamu
3. Plafon Ruang Tamu contoh kipas dengan metode pencahayaan lampu di jeda-selanya, membikin tampilan ruangan yang simpel, tetapi amat modern dan futuristik.









Langit Berbintang
Langit Berbintang

4. Langit Berbintang tentu susah ditemukan di kota Jakarta yang penuh polusi. Dari dalam kamar Anda bisa mempunyai langit penuh bintang dengan desain plafon dan pencahayaan seperti ini.








Plafon PVC Klasik Minimalis
Plafon Pvc Klasik
5. Plafon PVC Klasik Minimalis di lorong yang berbentuk segitiga ini membikin lorong rumah Anda mempunyai wujud prisma yang menawan. Kecuali itu, komponen dalam rumah Anda juga akan terkesan lebih tinggi.

Apa Itu Plafon PVC

Plafon PVC merupakan ragam plafon terkini dengan bahan Polyvinil Chlorida layaknya sebuah paralon air yakni plafon dengan kwalitas energi bendung paling lama. Kenapa demikian?

Sebab plafon pvc tahan kepada air dan juga tak di sukai rayap dan tikus, metode pemasangan plafon pvc juga terkesan gampang secara khusus bahan yang di pakai benar-benar ringan. Metode pemasangan plafon pvc mengaplikasikan rangka besi hollow, paku beton, sekrup.

Pemasangan Plafon Pvc
Proses Pemasangan Plafon Pvc


Berikut yaitu step by step pemasangan plafon pvc :
  • Menyiapkan alat yang dibutuhkan untuk mempermudah pemasangan plafon pvc. Kelengkapan yang dibutuhkan cukup simpel antara lain cutter, impact drill (bor) ukuran 10 mm, mata bor untuk sekrup, angel grinder, siku, meteran ukur, palu, kabel energi dan berhenti kontak.
  • Menyiapkan bahan. Secara lazim bahan yang dibutuhkan antara lain rangka plafon (dapat memakai kayu atau besi hollow), plafon pvc, paku (jikalau memakai rangka kayu), paku beton, sekrup (jikalau memakai rangka hollow) dan lainnya.
  • Ukur agenda tinggi plafon. Sebaiknya tak melebihi ring balok. Pakai selang air untuk mengendalikan ketinggian supaya sama tinggi (waterpas).
  • Pasang rangka hollow atau rangka kayu, sesuaikan dengan ukuran ruangan. Bila ruangan kecil, sebaiknya rangka tak bertingkat. Tapi jikalau ruangan cukup besar dan tinggi  lebih dari 3 meter, karenanya rangka plafon boleh bertingkat.
  • Pasang lis telebih dulu pada salah satu dinding. Pakai gerinda atau gergaji untuk memotong komponen sudut lis.
  • Pasang lis memakai sekrup dan bor, dengan jarak 50 cm.
  • Pasang plafon mulai dari pinggir. Bila memang wajib dipotong, pakai cutter untuk memotongnya dan pakai siku supaya hasil potongan bersudut 90 derajat.
  • Tempelkan plafon memakai sekrup pada komponen pinggir. Teknis pemasangannya hampir sama dengan sistem memasang lantai parkit kayu.
  • Tahap berikutnya yaitu pemasangan lis dan finishing, ialah melaksanakan pemeriksaan dan perapian pada tiap komponen plafon yang masih nampak belum rapi.